Visi dan Misi PMII Rayon Dakwah Purwokerto 2013-2014


Visi
Menegakkan Idealitas Rayon Dakwah
Misi
Memperkuat keilmuan PMII anggota rayon Dakwah.
Membekali kemampuan lisan guna menghegemoni masa.
Mewujudkan eksistensi melalui karya progresif.
Menciptakan Kemandirian ekonomi


Konsepsi Ideal yang dimaksudkan ialah ideal sesuai cara pandang rayon. Yakni anggota rayon dakwah diharapkan kuat basis ke PMII annya, pemikiaran, kemampuan lisan serta paham mengenai strategi menghegemoni masa.

(DIVISI PENGKADERAN)
I Focus Basic Intelektual
Fungsi:
a.   pematangan anggota baru selepas Mapaba
b.   strategi kaderisasi kultural rayon dakwah yang nantinya dapat diikutkan dalam open Recruitment resmi.
 Materi
      a.  Militansi Rayon Dakwah
b.  Nilai Dasar PMII
c.  Aswaja
d.  Ke PMII an
e.  Sejarah gerakan Mahasiswa/ sejarah Indonesia
f.   Leadership
Pertemuan dilakukan semiggu sekali, setiap kali pertemuan dibahas sastu materi dengan dampingan Pemateri.

II. Publik Speaking n’ Relationship
Fungsi:
a.   Pembekalan kemampuan verbal anggota.
b.   Pembekalan strategi menghegemoni masa dengan sedikit orang.
Tujuan
Sebuah penyikapan atas kesadaran bahwa rayon dakwah memiliki anggota yang secara kuantitas minim, maka dipandang sangat perlu untuk memiliki kemampuan lisan yang bagus, sehingga mampu menguasai forum dalam setiap pertemuan.
Gambaran Proses
#Publik Speaking Indoor#
dilakukan dalam 4 pertemuan diisi materi dan praktik langsung.
Pertemuan 1 Materi dasar teknik Publik speaking, diisi oleh dosen yang sesuai
Pertemuan 2 anggota dipersilahkan untuk presentasi materi tertentu, kemuadian di kritisi oleh peserta lain kaitannya dengan proses penyampaian. Didampingi oleh pengurus Rayon khususnya divisi pengkaderan.
Pertemuan 3 anggota dipersilahkan untuk Menjadi moderator sebuah event, kemuadian di kritisi oleh peserta lain kaitannya dengan proses penyampaian. Didampingi oleh pengurus Rayon khususnya divisi pengkaderan.
Pertemuan 4 anggota dipersilahkan untuk Menjadi Protokoler resmi sebuah event, kemuadian di kritisi oleh peserta lain kaitannya dengan proses penyampaian. Didampingi oleh pengurus Rayon khususnya divisi pengkaderan.
#Public Speaking Outdoor#
Tujuan:
Dalam merancang sebuah Gerakan masa tidak dapat dilepaskan dari strategi menghegemoni masa. Maka, menyikapi rayon dakwah yang memiliki anggota minim diperlukan penggambaran pembagian job-job possision dalam penghegemonian tersebut. Nantinya akan ada pelatihan dalam pembagian job tersebut mengenai siapa yang menjadi speaker, tim sorak, dan tim bawah tanah dll.
Pertemuan 1 Di isi dengan Struktur Tim Hegemoni Inti, serta dijelaskan pula apa fungsi dan tugas pokoknya. Sangat berguna dalam demonstrasi.
Pertemuan 2 pemberian materi bagaimana memprofokasi orang dan strategi membangun Konflik untuk sebuah perubahan.
III. Aplikasi Materi Leadership
Program kerja ini merupakan tindak lanjut dari materi yang disampaikan pada Focus Basic Intelektual. Anggota akan diberi sebuah kepercayaan untuk membuat sebuah event yang pantas untuk dihadiri minimalnya wilayah komisariat. Dalam prosesnya anggota akan dibentuk sebuah kepanitiaan, kemudian permohonan dana akan ditujuakan kepada pengurus Rayon. Namum, dalam pencairan dana yang dimaksudkan tidak diberikan secara penuh namun hanya akan diberikan 50% dari kebutuhlan dan maksimal nominal Rp.1000 000,- (Satu juta rupiah). Bertujaun untuk memacu kreatifitas dan kemampuan bekerjasama. Kaitannya dengan pendampingan dilakukan secara langsung dan intensif oleh pengurus secara umum.

(DIVISI JARINGAN KOMUNIKASI)
Divisi inilah yang nantinya sangat diharapkan mencadi corong informasi bagi Rayon dakwah, baik info keluar maupun informasi masuk.
Program:
a.   Pendelegasian anggota pada event yang di adakan oleh rayon dan lembaga lain diluar rayon dakwah.
b.   Pengadaan Pamflet/Baner Pergerakan.Baner pergerakan sebuah alat untuk mwujudkan eksistensi Rayon Dakwah diwilayah Kampus. Isinya berkaitan dengan penyikapan hari Nasional ataupun Keagamaan.
Kemungkinan Penyikapan: Sumpah Pemuda, Kebangkitan Nasional, HarLah PMII dsb.
c.    Pengelolaan Web: www.raydapurwokerto.blogspot.com
(DIVISI PENGABDIAN MASYARAKAT)
Divisi baru dalam kepengurusan Rayon Dakwah, diharapkan mampu memfasilitasi anggota dan pengurus untuk turun langsung ke masyarakat. Bukan berarti tanpa visi atau tujuan apapun, pada kepengurusan ini program kerja divisi ini dibuat instan dan sederhana yakni:
-Sumbangan Barang Siap Pakai untuk masjid dan Mushola
-Sumbangan barang Pembangunan Masjid dan Mushola.

(DIVISI KEWIRAUSAHAAN)
Sebuah oraganisasi tidak akan mapan ketika tidak ditopang ekonomi secara matang. Maka dari kewirausahaan inilah diharapkan ada sedikit pembelajaran ekonomi. Target minimal mampu menopang pembiayaan untuk aplikasi materi Leadership.
Gambaran Proyek: 
  • Pengadaan Jas Almamater PMII 
  • PIN PMII / khusus Rayon Dakwah. 
  • Kaos Identitas Rayon Dakwah PMII Purwokerto 
  • Kaos Pergerakan (penyikapan terhaap isu isu tertentu) dijual secara Pemesanan. 
  • Kalender 2014
(Divisi Gender)
Mewadahi anggota rayon dalam aktivitas gender. Aktivitasnya berfokus pada kreativitas dan tidak melepaskan diri dari kajian keiolmuan.
-belajar bareng masak ria,
-kajian Tokoh Perempuan Nasional/ Islam  (penyikapan terhadap hari kartini)

CONVERSATION

Back
to top